Rabu, 20 Agustus 2014

   Kota Samarinda adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 718 kilometer persegi[3] dan berpenduduk 726.223 jiwa (hasilSensus Penduduk Indonesia 2010), menjadikan kota ini berpenduduk terbesar di seluruh Kalimantan.
    Samarinda lebih terkenal dengan suku Dayak.  Kebudayaan yg masih dijalankan di Samarinda salah satunya adalah HUdoq kawit. Tradisi ini biasa dilaksanakan untuk memulai prosesi menanam padi dengan tujuan mendapatkan hasil yang berlimpah. Makanan khas samarinda yaitu

1. Amplang
Amplang ini sejenis kerupuk yang berbentuk kotak atau lonjong, kebanyakan sih berbentuk lonjong pendek sebesar jari tangan, jadi pas untuk satu suapan. Yah, mirip mirip ama kerupuk ikan tenggiri deh.


Amplang ini terbuat dari Tepung Tapioka, rempah rempah/bumbu dan ikan. Rasanya asin gurih dan tentunya kriuk kriuk renyah, bisa dimakan langsung ataupun untuk Lauk nasi.  

   Rasanya enak kok kalo dijawa sejenis krupuk udang gitu. Samarinda juga punya ciri khas sendiri dari tata lekat bicara ( -kah, -kalo, manada, -pang, dll )

0 komentar:

Posting Komentar